2 Pantai di Bali yang Istimewa dengan Air Terjunnya

Bali adalah salah satu pulau kebanggaan Indonesia yang layak dinobatkan sebagai surganya para wisatawan. Pasalnya, dari dulu hingga sekarang potensi wisata Bali ini tidak ada matinya, malah semakin menjadi-jadi hingga terkenal di mancanegara. Masing-masing destinasi wisata di Bali tersebut mempunyai keistimewaan tersendiri tak terkecuali Air Terjun Pantai Melasti dan Air Terjun Peguyangan.

Baik Air Terjun Pantai Melasti maupun Air Terjun Peguyangan, sama-sama merupakan air terjun yang ada di tepi laut. Dan berdasarkan informasi, konon katanya banyak wisatawan bahkan artis yang memfavoritkan dua destinasi wisata tersebut. Adapun ulasan lebih lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Air Terjun Pantai Melasti

Letak Air Terjun Pantai Melasti

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Pantai Melasti ini adalah air terjun yang terletak di Pantai Melasti. Namun jika Anda hendak kesana jangan sampai keliru, karena sebenarnya ada dua pantai yang bernama Melasti di Bali, lebih tepatnya di daerah Ungasan dan satunya lagi di daerah Tabanan.

Nah, Pantai Melasti yang mempunyai air terjun adalah Pantai Melasti yang terletak di Tabanan. Pada dasarnya, Pantai Melasti ini mempunyai garis pantai yang pendek, namun keberadaan air terjun di sana telah membuat banyak orang merasa tertarik untuk mendatanginya. Belum lagi pantai ini juga menjadi spot yang cocok untuk menikmati panorama matahari tenggelam atau yang biasa disebut dengan istilah sunset

Untuk bisa menikmati Air Terjun Pantai Melasti, Anda harus menuju ke Pura Batu Bolong yang terdapat di sisi kanan Pura Tanah Lot terlebih dahulu. Dari sini, silahkan Anda menuju ke Warung Mandala yang berada di samping pintu masuk Pantai Melasti. Setelah itu, Anda bisa langsung menuju ke atas tebing yang diselimuti oleh rerumputan hijau. Nah, di bawah tebing itulah Pantai Melasti berada.

Kondisi Alam Air Terjun Pantai Melasti

Pasirnya tampak berwarna hitam dan ada cukup banyak batu karang berserakan di sini. Anda wajib turun untuk menyaksikan atraksi air terjun yang dimaksud. Setelah turun, Anda pun perlu menyusuri pantai ke arah barat untuk menemukannya. Namun perlu diketahui sebelumnya bahwasanya Air Terjun Pantai Melasti ini sifatnya musiman. Mengapa demikian?

Karena sebenarnya air terjun tersebut berasal dari pengairan sawah penduduk yang terdapat di sekitar Tanah Lot. Jadi, jika Anda datang di waktu yang tidak tepat, yakni pada saat tidak ada pengairan di sawah, maka Anda tidak akan bisa melihat air terjun mini ini di Pantai Melasti.

Adapun waktu yang disarankan untuk Anda bisa menyaksikan proses jatuhnya air dari tebing Pantai Melasti ke laut ini adalah saat musim penghujan. Namun, jika Anda memutuskan untuk datang saat musim penghujan, harap hati-hati karena tebingnya menjadi licin dan cukup berbahaya untuk dilintasi.

Air Terjun Peguyangan

Letak Air Terjun Peguyangan

Air Terjun Peguyangan ini adalah spot yang letaknya di bagian selatan dari Pulau Nusa Penida. Alhasil jika Anda ingin mendatanginya, Anda harus melakukan penyeberangan terlebih dahulu. Penyeberangan ini bisa Anda mulai dari Pelabuhan Padang Bai ataupun Pantai Sanur.

Setelah sampai di bagian selatan Pulau Nusa Penida pun Anda tidak akan langsung sampai di lokasi. Karena Anda masih harus menuruni anak tangga yang jumlahnya sekitar 870 buah dengan tinggi sekitar 200 meter. Anak tangga ini pun juga terhitung curam sehingga Anda harus ekstra hati-hati.

Curamnya anak tangga tersebut karena memang posisi air terjun ini ada di samping tebing dan menghadap langsung ke laut. Jadi tidak heran juga jika untuk bisa sampai ke sana Anda harus mengeluarkan tenaga dan keberanian yang lebih. Tapi sebagai gantinya, Anda bisa menikmati suasana tenang sekaligus pemandangan yang indah sepuasnya.

Sebelum sampai di lokasi air terjun, Anda akan melihat adanya sebuah gapura yang selalu bersedia diajak berfoto oleh siapapun yang mengunjunginya. Air Terjun Peguyangan ini sendiri telah beroperasi sejak 1995 silam. Dan mata air yang terdapat di sekitar Air Terjun Peguyangan sangat penting artinya bagi penduduk sekitar karena menjadi sumber kehidupan untuk mereka.

Kondisi Alam Air Terjun Peguyangan

Jika Anda haus atau merasa gerah, Anda juga bisa meminum sekaligus mencuci muka dengan menggunakan air yang ada di mata air tersebut. Nah, di bawah mata air itu terdapat sebuah pura yang biasa dipakai untuk sembahyang sekaligus melakukan upacara adat dan agama.

Karenanya, para perempuan yang sedang datang bulan dilarang untuk mendekati mata air demi menghormati tempat peribadatan mereka. Dan siapapun wanita yang sedang haid wajib menaatinya.

Lanjut ke bagian bawah air terjun terdapat semacam kolam alami yang posisinya ada di ujung tebing dan sudah berdekatan dengan laut. Anda bisa memanfaatkan kolam alami ini untuk berenang ataupun berendam sembari bersantai menikmati pemandangan.

Harap untuk diingat, jagalah kebersihan di sekitar Air Terjun Peguyangan ini. Sampah apapun yang Anda hasilkan, terutama sampah plastik, sebaiknya dibawa kembali untuk kemudian dibuang pada tempatnya.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares
HomeInfo2 Pantai di Bali yang Istimewa dengan Air Terjunnya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.