6 Pantai Pasir Hitam yang Begitu Eksotis di Bali

Keindahan pantai di Bali memang kerap menjadi perbincangan. Namun lebih dari itu, banyak hal yang diidentikkan dengan keindahan tersebut. Salah satunya ialah pantai berpasir putih. Benar saja, sebab pasir putih memang kerap dianggap menawan dan mampu menyajikan kesan keindahan di tiap-tiap pantai terkenal yang ada di Bali. Banyak para wisatawan yang merasa bahwa pantai pasir putih begitu sangat keren.

Namun di samping itu, perlu diketahui bahwa terdapat juga pantai pasir hitam yang begitu eksotis serta menawan hati siapa saja yang melihatnya. Jika dilihat dari sisi keindahan, tentu tidak kalah dengan pantai berpasir putih yang ada di Bali. Kesan berwarna hitam yang ada pada pantai mampu memberikan kesan tersendiri pada wisatawan sehingga bisa membuat liburan terasa lebih berharga.

Pantai Pasir Hitam Eksotis yang Asyik Dikunjungi di Bali

Pantai Nyanyi

Adapun pantai pasir hitam pertama yang bisa dikunjungi adalah pantai Nyanyi. Lokasinya dekat dengan pantai Mengening. Keindahan dari pantai ini terlihat berkelap-kelip sehingga berbeda jika dibandingkan dengan pantai pasir hitam lainnya. Adapun kerlap kerlip di tempat tersebut dihasilkan dari pantulan sinar matahari yang mengenai material pasir hitam pada pantai.

Sebab pasirnya berwarna hitam, jelas saja kerlap kerlip yang dihasilkan begitu mencolok. Lokasi pantai Nyanyi ini ada di desa Nyanyi, Tabanan. Perlu diketahui bahwa tidak terdapat bebatuan di pantai ini sehingga cocok untuk berguling-guling.

Pantai Mengening

Selanjutnya adalah pantai Mengening. Pantai pasir hitam yang satu ini bisa ditemui ketika mengunjungi Pura tanah Lot. Lokasi pantai Mengening itu ada di Desa Cemangi, Badung. Para pengunjung tidak perlu khawatir terkait akses menuju pantai ini karena bisa diakses dengan sangat mudah. Jalanan menuju pantai sudah aspal dan terdapat petunjuk yang terpampang jelas di pinggir jalan.

Pantai hitam ini memiliki bebatuan besar. Di lokasi yang sama  pengunjung bisa menemukan sebuah pura bernama Pura Gede Luhur Batungaus. Lokasi yang ada di tempat ini sangat mendukung foto yang romantis sehingga cocok untuk pasangan.

Pantai Kelating

Pantai pasir hitam yang satu ini masih berada di wilayah Tabanan. Pemandangannya bisa dikatakan sangat amazing. Lokasinya ada di Desa Kelating, Kerambitan. Akses jalan menuju lokasi juga sangat mudah karena sudah ada petunjuk dan kondisi jalan yang bagus. Gulungan ombak yang ada di pantai ini sangat indah. Para surfer yang ada di seluruh penjuru dunia sangat menyukainya.

Masih pada lokasi yang sama, terdapat goa kecil yang di dalamnya banyak kelelawar. Suasananya yang begitu sepi membuat banyak pengunjung merasakannya sebagai pulau pribadi. cocok untuk menenangkan diri dari kesibukan kerja yang selama ini membelenggu. Pantai ini juga menjadi pertemuan air laut dengan air tawar. Di lokasi yang sama ada pura bernama Luhur Timan Agung.

Pantai Lembeng

Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di Desa Lembeng, Gianyar, Bali. Pantai pasir hitam yang satu ini memang begitu eksotis dan menawan. Ombak yang ada di pantai ini memang terbilang tinggi dan deburan airnya yang begitu indah.

Suasana menenangkan dan mampu membuat pengunjung tidur dengan nyenyak. Fasilitas yang ada di pantai ini juga sudah sangat lengkap seperti sudah tersedianya toilet, gazebo dan juga warung.

Pantai Purnama

Adapun pantai pasir hitam berikutnya adalah pantai Purnama. Nama yang disematkan ini tentu mempunyai alasan. Ternyata alasannya adalah karena banyak kunjungan dari wisatawan lokal saat bulan purnama tiba. Lokasi pantai pasir hitam yang satu ini ada di Banjar Lumpang, Gianyar, Bali. Jika memulai perjalanan dari Denpasar, maka akan menempuh jarak kurang lebih 50 kilometer.

Akses menuju pantai ini bisa dilakukan dengan melewati restoran Restoran Standing Stones. Bagaimana pantai-pantai lainnya yang ada di Bali, pantai Purnama ini juga digunakan untuk upacara keagamaan.

Pantai Kusamba

Masih bicara seputar pantai pasir hitam, berikutnya adalah pantai Kusamba. Sebagaimana namanya, pantai ini ada di Desa Kusamba, kabupaten Klungkung. Pantai pasir hitam Kusamba ini masih sangat terjaga keasriannya. Di lokasi serupa, para pengunjung akan menemukan warung yang menjajakan hasil tangkapan laut. Pantai ini juga menjadi pantai tempat pengolahan garam.

Bahkan hingga saat ini pengolahan masih turun temurun dilakukan. Uniknya lagi, metode pengolahan garam yang digunakan oleh para petani masih tradisional atau bisa dikatakan menggunakan metode lama. Jika dilihat dari segi ombaknya, memang tidak begitu keras. Para pengunjung bisa mencoba untuk merasakan sensasi menjadi seorang nelayan dengan menyewa perahu yang ada.

Pantai Padang Galak

Berikutnya adalah Pantai Padang Galak. Pantai ini memang tidak banyak yang mengetahuinya. Namun siapa sangka ia sangat eksotis dan memukau keindahannya. Jadi akan sangat sayang bila dilewatkan begitu saja. Lokasi pantai ini ada di Jalan Padang  Galak, Denpasar Timur. Lebih menariknya lagi, di pantai ini diadakan secara rutin kompetisi layangan raksasa.

Kompetisi layangan tersebut diadakan setiap bulan Juli sampai September. Di kedua bulan tersebut, angin memang berhembus lebih kencang dari biasanya. Bukan hanya itu, pantai ini juga menjadi lintasan jogging Kertalangi sehingga sangat cocok dijadikan arena olahraga jogging saat matahari terbenam maupun terbit.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.