Pengin Liburan Ke Bali? Ini Dia Festival Wisata Di Bali Yang Sangat Sayang Sekali Di Lewatkan

Berbicara tentang potensi pariwisata, Bali memang masih menjadi salah satu destinasi unggulan bagi Indonesia, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal tersebut pun bukan tanpa alasan, mengapa? Perlu diketahui Bali atau biasa dikenal dengan nama Pulau Seribu Pura ini selalu masuk daftar pertama destinasi yang wajib untuk dikunjungi saat liburan tiba.

Ada apa di Bali? Selain terkenal karena potensi wisatanya, mulai dari wisata alam, budaya, religi dan masih banyak lagi. Ternyata Bali juga memiliki beberapa acara atau festival yang selalu di selenggarakan setiap tahunnya. Jika Anda sedang berlibur ke Bali kurang lengkap rasanya jika Anda tidak menyaksikan pagelaran yang tentu saja sangat apik dan meriah. Apa saja itu? Berikut penjelasannya. 

6 Daftar Festival Wisata Di Bali Yang diselenggarakan Setiap Tahunnya

Ubud Writer Festival

Festival pertama yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Ubud Writer Festival. Perlu diketahui, festival yang digelar setiap setahun sekali ini merupakan salah satu pesta terbesar bagi para sastrawan dan penikmat karya sastra baik berada di Bali maupun dari luar Bali. Ubud Writer Festival ini biasanya diselenggarakan selama sepekan penuh di mana para penulis terkenal hadir mempresentasikan karyanya.

Tidak hanya itu saja, festival ini juga dipakai sebagai momen untuk berdialog dan berdiskusi antar audience tentang apa pun yang berbau sastra. Selain itu Ubud Writer Festival ini juga digunakan sebagai wadah para penulis baru untuk menampilkan karyanya di hadapan penikmat sastra di seluruh dunia.

Bali Spirit Festival

Festival selanjutnya yang wajib Anda saksikan saat berlibur ke Pulau Bali yaitu Bali Spirit Festival. Bali Spirit festival merupakan salah satu pagelaran di Bali untuk mewujudkan mantra inti Hinduisme Bali-Tri Hita Karana. Makna dari mantra tersebut adalah untuk menciptakan kehidupan yang selaras dengan semua aspek kehidupan yaitu spiritual, sosial, dan alam.

Biasanya Bali Spirit Festival ini digelar dengan skala yang besar dan juga dimeriahkan dengan pertunjukan-pertunjukan tari dan musik yang semakin menambah meriah acara tersebut. Tertarik untuk melihatnya? Festival tahunan ini selalu diselenggarakan setiap 2 hingga 8 April.

Festival Buleleng

Festival terkenal selanjutnya yang selalu diselenggarakan setiap tahun adalah Festival Buleleng. Sesuai dengan namanya festival yang satu ini diselenggarakan di Kabupaten Buleleng yang lokasinya berada disebelah utara Pulau Bali. Perlu diketahui meski letaknya berada jauh dari pusat kota, kabupaten ini memiliki potensi wisata yang cukup besar seperti pantai Lovina dan Kota Singaraja.

Tujuan utama diadakannya festival Buleleng ini yaitu mempromosikan Buleleng dan juga mempercepat laju pariwisata di kabupaten tersebut. Kapan Festival Buleleng ini diselenggarakan? Gelaran ini selalu dilaksanakan setiap tanggal 2 sampai 6 agustus setiap tahunnya.

Festival Nusa Dua Fiesta

Nusa Dua Fiesta merupakan salah satu festival di Bali yang memperkenalkan gemerlapnya pariwisata berbintang lima di kawasan BTDC atau Bali Tourism Development Corporation. Konsep pagelaran festival ini yaitu memadukan kemewahan yang terdapat di Nusa Dua dengan budaya Bali yang begitu kaya dan beragam.

Beberapa pertunjukan yang ditampilkan di festival Nusa Dua Fiesta ini yaitu sport tourism, bazaar kuliner, pameran dan masih banyak kegiatan lainnya. Perlu diketahui, Nusa Dua Fiesta ini di gelar selama tiga hari yaitu setiap 26 sampai 28 oktober setiap tahunnya.

Festival Tenganan

Sesuai dengan namanya, festival yang satu ini digelar di desa Tenganan Karangasem, Bali. Festival budaya yang satu ini menyuguhkan tradisi perang pandan dimana tujuan diadakannya pertunjukan tersebut adalah untuk mengenang kebebasan masyarakat Tenganan dari cengkraman Raja Maya Dewana. Festival ini juga di lakukan sebagai wujud untuk menghormati Dewa Indra.

Bagi Anda yang suka melihat gelaran budaya, festival Tenganan ini bisa jadi pilihan yang tepat karena di sini Anda akan melihat pagelaran budaya yang sangat menarik baik dilihat secara konten visualnya maupun historical nya. Jadi jangan sampai ketinggalan ya!

Festival Nusa Dua Penida

Seperti yang diketahui Nusa Dua Penida menjadi salah satu destinasi hits yang mulai di sukai oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Salah satu pulau yang masih tergolong berada di kawasan Bali ini menyimpan berbagai macam surga tersembunyi yang layak untuk di explore lebih dalam lagi.

Karena semakin banyaknya traveler yang datang ke sini membuat Nusa Dua Penida semakin dikenal lebih luas. Untuk mempercepat proses promosi Nusa Dua Penida, Pemerintah saat ini mulai menggelar berbagai kegiatan seni budaya dan pameran beberapa produk khas dari Nusa Dua Penida ini.

Bagi Anda yang masih belum tahu jadwal festival nya, Nusa Dua Penida digelar selama empat hari berturut-turut yakni setiap tanggal 7 hingga 9 desember.

Selain beberapa festival atau pertunjukan yang sudah di sebutkan diatas. Sebenarnya masih ada banyak sekali festival yang bisa Anda jumpai saat berlibur ke Bali. Demikian tadi sedikit informasi tentang festival yang di gelar di bali setiap tahunnya. Semoga bermanfaat!

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.