9 Air Terjun yang Wajib buat Dijelajah saat Berwisata di Bali

Wisatawan yang sudah sering mengunjungi objek wisata pantai di Bali, dapat merubah suasana dengan mendatangi bermacam air terjun yang ada di Bali. Air terjun di Bali ada banyak macamnya. Beberapa air terjun mudah untuk didatangi namun beberapa air terjun berada di lokasi yang cukup terpencil. Berikut ini akan dijelaskan beberapa air terjun yang ada di Bali.

Kesejukan Air Terjun yang Ada di Bali Membuat Liburan Terasa Menyenangkan

Air Terjun Banyumala

Jalan menuju ke air terjun ini cukup curam, namun rasa lelah dalam perjalanan akan setimpal dengan keindahan air terjun. Di tempat ini ada di aliran air terjun yang letaknya saling berdampingan. Ukurannya tidak terlalu lebar namun sangat tinggi.

Selama berada ditempat ini wisatawan dapat mendengar derasnya air dan melihat kejernihan airnya. Wisatawan dapat berenang di tempat ini sebab tidak terlalu dalam jadi tempatnya cukup aman. Karena lokasinya sedikit tersembunyi, wisatawan sebaiknya menggunakan jasa pemandu wisata.

Air Terjun Tibumana

Keunikan pemandangan air terjun ini dapat membuat wisatawan berdatangan. Air terjun kembar ini berada saling berdekatan dengan posisi yang simetris. Di belakang air terjun katanya ada sebuah gua yang bila ditelusuri akan bersambung ke Pura Gua Raja Besakih. Air terjun ini punya ketinggian hingga 20 meter. Pemandangan indahnya dipadukan dengan batuan berlumut serta pepohonan di sekitar air terjun.

Air Terjun Peguyangan

Bila kebanyakan air terjun berada di hutan air terjun satu ini letaknya justru di area pantai. Air terjun ini mengalir di tepian tebing dan dekat dengan pura. Karena letaknya tersebut warga sekitar menganggap air dari tempat ini sebagai air suci. Wisatawan dapat berendam di kolam yang ada di tepi tebing dengan panorama indah lautan luas.

Untuk menjangkau tempat ini wisatawan harus rela menuruni 460 anak tangga yang berada di tepi dinding tebing. Namun perjuangan mencapai tempat ini sepadan dengan keindahan air terjun ini. Bagi yang berniat untuk main air, sebaiknya bawa baju untuk ganti.

Air Terjun Gitgit

Air terjun ini berada di area Bedugul. Berbeda dengan sebagian air terjun yang berada di area terpencil, air terjun ini mudah dijangkau karena ada di pinggir jalan. Air terjun ini punya ketinggian 35 meter. Aliran air cukup deras hingga menimbulkan kesan warna putih pada air yang menurun ke bawah. Selama menempuh perjalanan ke air terjun ini wisatawan dapat melihat pemandangan perkebunan dan sawah.

Air Terjun Nungnung

Air terjun ini berada di daerah pedesaan yang cukup sulit dijangkau. Ketinggian air terjun ini mencapai 50 meter, ditambah dengan aliran air yang deras. Namun kolam yang berada di bawahnya cukup tenang. Letak air terjun ini berada di bawah jurang. Wisatawan yang hendak ke tempat ini sebaiknya bersiap disambut dengan 509 anak tangga yang harus dituruni.

Air Terjun Aling-Aling

Perjalanan ke air terjun ini cukup melelahkan, wisatawan harus melewati dua air terjun yang ada di sungai lalu menuruni anak tangga yang cukup banyak. Air terjun ini tingginya 35 meter, air terjun ini terdiri dari dua bagian, dengan arus air yang berbeda. Bagian satunya lebih deras dan banyak airnya dibanding bagian lain. air terjun ini nampak seperti tempat seluncur seperti di kolam renang.

Air Terjun Tegenungan

Jika kebanyakan air terjun ada di area dataran tinggi, air terjun satu ini ada di dataran rendah. Air terjun ini tingginya hanya mencapai 15 meter namun jumlah airnya cukup banyak dan deras. Tempat ini masih cukup aman untuk berenang dan bermain air di sekitar kolam. Di sekitar air terjun ini ada fasilitas umum seperti toilet dan toko suvenir. Lokasi air terjun ini dekat dengan Kota Denpasar.

Air Terjun Munduk

Air terjun ini sudah cukup dikenal wisatawan. Ketinggian air terjun ini hampir sama dengan kebanyakan air terjun yakni tingginya sekitar 20 meter. Airnya jernih dan dapat dijadikan tempat bermain air. Air terjun ini dikelilingi oleh daratan yang luas. Sehingga wisatawan dapat memanfaatkan area ini untuk duduk bersantai. Tempat ini sangat sejuk karena ada banyak tumbuhan di sekitar air terjun.

Air Terjun Sekumpul

Keelokan air terjun ini akan membuat wisatawan terkagum, Bagaimana tidak? Air terjun ini tingginya menjulang hingga 100 meter, sehingga termasuk air terjun tertinggi di Bali. Air terjun ini mudah di jangkau oleh wisatawan. Para wisatawan yang ingin berkunjung dapat melewati jalan beton dan sungai. Sebaiknya hindari mengunjungi tempat ini saat musim hujan, sebab aliran airnya cukup deras dan kolamnya akan meluap.

Air terjun yang ada di Bali sangat banyak macamnya. Air terjun tersebut berada di beraneka lokasi di Bali. Air terjun tersebut antara lain Air Terjun Munduk, Air Terjun Aling-Aling, Air Terjun Sekumpul, dan lain sebagainya. Setiap air terjun punya ketinggian yang berbeda. Bentuk dari air terjun juga bermacam-macam. Ada air terjun yang dekat hutan ada pula yang dekat dengan pantai.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
HomeInfo9 Air Terjun yang Wajib buat Dijelajah saat Berwisata di Bali

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.