Jangan Bingung, Coba 8 Jenis Transportasi ini Ketika Wisata di Bali

Sudah sampai di Bali, tapi bingung bagaimana caranya berkeliling di sana? Tenang, ada banyak transportasi darat yang bisa Anda gunakan saat sampai di Bali. Transportasi ini bisa Anda pilih untuk menikmati wisata nyaman dan menyenangkan.

Terlebih, Bali merupakan tempat wisata yang memiliki pesona keindahan dunia, jadi jelas saja didukung oleh banyak jenis transportasi untuk para wisatawan. Beberapa alat transportasi tersebut diantaranya, mobil, motor, bus, dan angkutan lain.

Alat Transportasi di Bali

Trans Sarbagita

Trans Sarbagita merupakan angkutan umum di Bali yang sudah beroperasi sejak 2011. Transportasi ini merupakan katagori bus rapid transit atau BRT yang banyak dipergunakan oleh masyarakat setempat, dan turis. Beberapa turis yang menggunakan trans sarbagita ini umumnya berwisata dengan ala bacpaker, karena perlu menghemat biaya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bus adalah transportasi murah yang bisa digunakan oleh banyak orang. Trans Sarbagita ini sendiri memiliki 3 jenis koridor, yaitu koridor 1 yang beroperasi di sekitar wilayah kota sampai Garuda Wisnu Kencana, lalu koridor 2 beroperasi dari Batubulan hingga Nusa dua, sementara koridor 3 beroperasi dari Tabanan sampai Mengwi ke Bandara Ngurah Rai.

Bus Kura-Kura

Bus Kura-kura adalat alat transportasi umum lain yang bisa Anda gunakan untuk mengelilingi Bali. Bus ini merupakan angkutan umum yang unik karena bermotif seperti tempurung kura-kura dan berwarna hijau atau kuning. Jenis armadanya sendiri terbagi atas 3 jenis, yaitu Short Mini Bus yang berisi 12 kursi, Long Mini Bus yang berisi 15 kursi dan Medium Bus dengan 29 kursi.

Di Bali ini, tidak sedikit wisatawan yang memilih menggunakan Bus Kura-kura dengan fasilitas yang lengkap, seperti AC, free WiFi, LCD, Bagasi dan lain-lain. Pun dengan kenyamanan kursi yang tidak berdesak-desak. Tidak hanya itu, Bus ini juga menawarkan 5 Line, yang beroperasi di tempat dan waktu tertentu.

Dokar Hias Denpasar Heritage City Tour

Karena tingginya minat wisatawan yang datang ke Bali, pemerintah setempat mulai melestarikan alat transportasi tradisional, berupa Dokar Hias Heritage City Tour. Dokar hias sendiri merupakan transportasi berupa kereta kencana yang ditarik seekor kuda, meski jumlahnya hanya sedikit tapi alat ini masih bisa Anda temui di Bali, bahkan beberapa ada yang dihias sedemikian cantiknya.

Komotra Shuttle Bus

Komotra Shuttle Bus merupakan bus mini yang dihias dengan cat warna-warni, umumnya bus ini tidak memiliki kaca jendela, sehingga Anda bisa menikmati udara Bali di dalam bus ini. setidaknya, komotra bisa mengangkut penumpang dari 20 sampai 30 orang, menuju ke Pantai Kuta. Siapapun yang ingin ke pantai ini, maka wisatawan akan memilih komotra ini sebagai transportasinya.

Taksi Konvensional

Taksi merupakan alat transportasi umum yang paling efisien waktu untuk membawa Anda keliling pulau Dewata. Umumnya, taksi ini bisa Anda pesan dari loket resmi yang ada di hotel, restoran atau pusat perbelanjaan dan melalui telepon, lalu mereka akan datang menjemput. Pilihan jenis mobilnya pun tidak hanya sedan, ada jenis mobil lain yang tersedia.

Transportasi Online

Selain taksi, sekarang ini ada jenis transportasi lain yang bisa dipesan dengan aplikasi online. Moda transportasi ini sangat laris di masyarakat, karena mudah ditemukan dan murah. Anda bisa memesannya melalui aplikasi di smartphone dengan menetapkan lokasi Anda sekarang dan tujuan, lalu mereka akan menghitung biasa yang harus Anda keluarkan.

Beberapa transportasi online ini memiliki 2 jenis kendaraan yang bisa dipesan, yaitu motor dan mobil. Anda bisa memilih motor jika berwisata sendiri, namun jika beramai-ramai, maka mobil adalah keputusan yang tepat.

Sewa Motor

Sewa motor merupakan solusi terbaik untuk Anda yang ingin berwisata keliling Bali sendirian dengan mengutamakan keefisienan waktu. Anda bisa menyewa motor ini dengan melengkapi persyaratan berupa KTP dan SIM C, lalu membayar sewa sesuai waktu yang dibutuhkan atau per hari.

Bahkan ada beberapa wisatawan yang menyewa sampai satu minggu karena keefektifan dan keefisienan wisata yang didapat. Motor-motor yang disewa pun biasanya sudah dilengkapi dengan helm dan jas hujan, jadi penyewa tidak perlu khawatir kehujanan. Tidak hanya itu, pilihan motornya juga beragam, seperti matic atau motor bebek.

Sewa Mobil

Sewa mobil saat wisata di Bali adalah alternatif paling favorit bagi sebagian wisatawan, karena mereka kerap berkunjung dengan sanak saudara atau teman-teman secara beramai-ramai. Untuk menunjang kelancaran berlibur tersebut, jelas mereka lebih memilih menyewa mobil untuk mengelilingi Bali dengan nyaman.

Mobil yang bisa disewa pun ada berbagai pilihan jenis dan kapasitas penumpang. Anda juga bisa memilih menyetir sendiri atau ditemani oleh sopir dari tempat Anda menyewa mobil, dan kedua pilihan tersebut bisa Anda putuskan sendiri mengingat seperti apa rencana wisata Anda.

Akan lebih baik jika Anda menyewa mobil beserta sopirnya, jika belum tahu semua lokasi di Bali, meskipun ada aplikasi Google map yang bisa digunakan. Namun, Anda juga bisa menyetir sendiri jika sudah sering berkunjung ke Bali.

Click to rate this post!
[Total: 7 Average: 4.6]
HomeInfoJangan Bingung, Coba 8 Jenis Transportasi ini Ketika Wisata di Bali

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.