9 Wisata Alam Bali Barat yang Masih Jarang Diketahui

Ingin liburan ke Bali, tapi bosan dengan wisata yang itu-itu saja? Tenang, saat ini Bali masih memiliki banyak tempat tersembunyi dan belum diketahui banyak orang. Salah satunya di Bali Barat.

Meskipun tidak begitu populer, kawasan Bali Barat memiliki banyak keindahan yang tidak Anda sangka. Banyak tempat yang dapat dijadikan rekomendasi liburan Anda selama di Bali Barat dan wajib dikunjungi.

Selain itu, Bali dengan semua keindahannya juga telah menjadi wisata menarik dikunjungi untuk banyak orang. Sangat cocok jika Anda sudah bosan dengan Kuta, Seminyak atau Ubud dan beralih ke wisata Bali Barat.

9 Wisata Alam di Bali Barat yang Tersembunyi

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan saat ini telah menjadi surganya para penyelam. Memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan cantik. Para penyelam sendiri dapat menyelam di siang dan malam hari.

Anda dapat menyaksikan laut yang sangat jernih, pasir putihnya yang halus, terumbu karang yang indah dan aktivitas ikan tropis yang ada di sekitarnya.

Nama pulaunya di ambil dari penghuni itu sendiri, menjangan yang memiliki arti seekor rusa. Selain itu pulau ini hanya dihuni oleh sekelompok rusa yang dilindungi oleh pemerintah. Sekelompok rusa tersebut juga termasuk bagian dalam Taman Nasional Bali Barat.

Pantai Karang Sewu

Pantai Karang Sewu ini termasuk kawasan pantai dan teluk yang memiliki pemandangan indah. Letaknya di ujung Bali Barat dan jika Anda mengunjungi Pantai Karang Sewu.

Maka akan menyaksikan panorama alam yang cantik, hutan mangrove dan laut biru yang masih jernih.

Pura Puncak Luhur Sari Jayaprana

Tidak hanya di Eropa saja yang memiliki kisah cinta yang dramatis dan tragis seperti kisah Romeo-Juliet. Bali juga memiliki kisah cinta antara Jayaprana dengan Layon Sari.

Kisah cinta kedua orang tersebut juga sangat terkenal di Bali. Sudah diabadikan di Pura Puncak Luhur Sari Jayaprana. Menjadi tempat bersejarah yang memiliki pemandangan indah. Saat Anda menaiki tangga menuju puncak, maka akan terlihat pepohonan hijau pada sisi kanan dan kiri. Jadi selama perjalanan, rasa lelah tidak akan terasa.

Air Terjun Juwuk Manis

Saat Anda berkunjung ke Bali Barat, bisa menikmati suasana alam dengan seru-seruan bermain air sambil bermain air. Tempat ini merupakan Air Terjun Juwuk Manis dan termasuk dalam air terjun yang tinggi.

Tapi airnya selalu mengalir, bahkan saat musim kemarau. Tempatnya belum begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan dan akan mampu membuat Anda lebih leluasa saat menikmati air terjun tersebut.

Bunut Bolong

Bunut Bolong ini termasuk tempat wisata di Bali Barat yang unik. Karena hanya berupa pohon yang sudah berusia tua, tampak tidak biasa karena memiliki lubang besar pada bagian tengahnya.

Menurut cerita, dahulu ada pasangan suami istri yang dilarang melewati jalan di bawah pohon. Hal tersebut dipercaya dapat membawa keburukan untuk rumah tangga mereka. Tapi di luar mitos tersebut, Bunut Bolong telah menjadi tempat wisata yang cantik untuk berfoto.

Pantai Yeh Leh

Bali memang ada cukup banyak pantai yang sering dikunjungi dan tidak pernah habis dengan pesona pantainya. Tapi salah satu pantai yang masih tersembunyi dan jarang dikunjungi di Bali Barat merupakan Pantai Yeh Leh.

Pantai Yeh Leh sendiri berbeda dengan kebanyakan pantai yang bertabur pasir putih. Tapi justru memiliki banyak batuan besar di area pantai. Untuk wisatawan disarankan datang saat pantai sedang surut. Dengan begitu Anda akan mendapatkan pemandangan yang lain dari biasanya. Sangat seru dan tidak mengecewakan meskipun sudah datang jauh-jauh.

Pantai Medewi

Bagi Anda yang suka dengan olahraga surfing, maka wajib datang ke pantai Medewi. Masih jarang dikunjungi wisatawan dan memiliki ombak yang sudah cukup terkenal di kalangan peselancar luar dan dalam negeri.

Jaraknya tidak begitu jauh dari Denpasar ke Gilimanuk, jadi mudah di akses. Tapi jika Anda tidak ingin berselancar, bisa menikmati angin sepoi-sepoi dengan duduk santai dan menikmati pemandangan dengan latar belakang pegunungan yang indah.

Air Terjun Sawe

Air Terjun Sawe dikenal juga sebagai air terjun bidadari. Airnya mengalir deras dan masih sangat bersih. Membuat aktivitas bermain air menjadi lebih menyenangkan dan seru. Untuk lokasinya sendiri tidak jauh dari Kabupaten Jembrana dan berada di Bali Barat. Jadi untuk yang suka bermain di air terjun wajib mengunjunginya.

Sungai Gelar Palungan

Jika di Ubud terdapat Sungai Ayung, maka di Bali Barat terdapat Sungai Gelar yang keindahannya tidak kalah dari yang lain. Terdapat batuan besar di sepanjang sungai, cocok untuk river-tubing menggunakan ban pelampung. Bisa juga jika Anda ingin merendam kaki dan merasakan aliran air yang sangat menyegarkan.

Anda juga dapat cukup menikmati pemandangan sungai dan alam hijau yang ada di sekitar jembatan jika tidak berani masuk sungai.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares
HomeInfo9 Wisata Alam Bali Barat yang Masih Jarang Diketahui

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.