Jangan Lewatkan 6 Tips Mendaki ke Gunung Batur ketika Liburan ke Bali

Salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Bali selain pantai dan air terjun adalah gunung. Gunung-gunung di pulau Dewata Bali diantaranya adalah Gunung Agung, Gunung Batukaru, Gunung Merbuk, dan Gunung Batur. Gunung Batur adalah salah satu gunung yang terkenal di kalangan para pendaki alam selain dibanding gunung-gunung lainnya di Bali.

Gunung Batur merupakan gunung berapi aktif yang terletak di Kintamani, Bali. Walaupun gunung api ini masih tergolong berstatus aktif dan pernah mengeluarkan letusan paling dahsyat di tahun 1926 namun tidak menghalangi para pencinta alam untuk menemukan keindahan tersembunyi gunung ini. Yuk simak tips berikut yang bisa Anda terapkan bila ingin mendaki ke Gunung Batur.

6 Tips Mendaki ke Gunung Batur Bali

Persiapan Fisik

Ketinggian Gunung Batur yaitu 1.717mdpl. Walaupun tergolong rendah namun Anda harus tetap menyiapkan fisik dan stamina secara penuh. Anda tentunya menginginkan proses pendakian yang aman tanpa ada kendala. Agar mempunyai stamina fisik yang kuat maka Anda harus melatih fisik Anda minimal 2 minggu sebelum hari pendakian.

Pastikan Anda dalam keadaan fit ketika mendaki. Hal ini dikarenakan jalur pendakian yang cukup menguras tenaga disertai cuaca yang tidak menentu dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jangan pernah melakukan pendakian dalam keadaan sakit, flu, dan demam. Pastikan Anda membawa perlengkapan obat-obatan pribadi agar Anda tidak susah mendapatkannya ketika dibutuhkan.

Persiapan Perlengkapan Mendaki

Perlengkapan mendaki Gunung Batur kurang lebih sama dengan mendaki di tempat lain. Hal yang perlu Anda perhatikan ketika mempersiapkan perlengkapan pendakian adalah melihat track yang akan dilalui. Track pendakian Gunung Batur berupa bebatuan dan tanah berpasir. Hal ini terlihat dari bebatuan tajam lava letusan Gunung Batur yang “menghiasi” pendakian dari pos pertama. 

Sebaiknya Anda menyiapkan sepatu gunung yang berkualitas dan memakai pakaian lapangan yang panjang. Sepatu outdoor yang baik memiliki alas yang tebal agar aman ketika menginjak bebatuan. Pastikan tidak memakai celana jeans karena hanya akan menyerap udara dingin di dataran tinggi. Jaket outdoor juga sangat diperlukan ketika melakukan pendakian gunung batur.

Pilih waktu Terbaik

Anda perlu melakukan research mengenai cuaca dalam pendakian Gunung Batur. Cuaca sangat berpengaruh terhadap mulus tidaknya proses pendakian. Daerah Kintamani Bali terkenal cukup tropis sehingga hujan dapat datang kapan saja. Sama halnya dengan perubahan arah mata angin yang sewaktu-waktu dapat berubah. Anda harus mengecek dan memperkirakan dengan baik cuaca Bali terlebih dahulu.  

Waktu pendakian Gunung Batur yang baik biasanya dimulai jam 3 pagi dengan durasi pendakian yaitu 2,5 jam sehingga dapat diperkirakan Anda dapat sampai di puncak Gunung Batur sekitar pukul setengah 6 pagi. Anda dapat melihat matahari terbit sekitar pukul 6 pagi. Bila Anda ingin sampai di puncak gunung di waktu malam hari maka Anda harus memulai pendakian lebih awal.

Jalur Pendakian

Rute yang harus Anda tempuh agar sampai di starting point pendakian Gunung Batur adalah menuju Kintamani Bangli dari Kuta. Setelah sampai di Desa Penelokan, Anda harus mencari jalan turun ke Gunung Batur. Anda akan menemui jalan dimana penuh dengan letusan lava Gunung Batur, maka Anda sudah sampai di Desa Toya Bungkah. Anda dapat memulai petualangan mendaki Gunung Batur dari sini. 

Lintasan jalur pendakian Gunung Batur umumnya masih landai hingga 40 menit pertama dari starting point. Anda akan mendapati jalanan bebatuan, berpasir, dan licin hingga ke puncak. Jalur pendakian akan penuh dengan bebatuan berpasir sekitar 1 jam 40 menit pertama. Jalur pendakian akan mulai licin dan sempit di 50 menit terakhir menuju ke puncak Gunung Batur.

Gunakan Jasa Pemandu Wisata

Bagi Anda yang masih awam atau bingung mengenai rute pendakian Gunung Batur, Anda dapat menggunakan jasa tour guide yang dapat memandu Anda selama proses pendakian. Menggunakan jasa pemandu dapat mengurangi resiko bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan serta mengutamakan keselamatan Anda. Harga penggunaan jasa ini tergantung negosiasi yang Anda dan tour guide buat.

Selain penyewa pemandu wisata, Anda juga dapat mengajak teman atau partner yang sudah cukup berpengalaman mendaki gunung. Teman atau partner dapat dijadikan seseorang yang menyemangati diri Anda ketika mendaki. Banyak hal seru yang dapat Anda pelajari saat mendaki gunung bersama orang lain.

Bekal Pendakian

Tips mendaki Gunung Batur terakhir adalah mempersiapkan bekal makanan. Tidak ada salahnya membawa telur mentah dan mi instan ketika melakukan pendakian. Dua bahan makanan ini dianggap murah dan mudah dalam memasaknya. Jangan lupa untuk tidak membuang sampah di Gunung Batur. Anda harus senantiasa menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas alam yang seru untuk dicoba. Anda dapat belajar banyak hal ketika melakukan pendakian bersama orang lain. Gunung Batur adalah salah satu dari sekian wisata alam yang dapat Anda coba mendaki bersama teman-teman Anda.

Click to rate this post!
[Total: 4 Average: 4]
HomeInfoJangan Lewatkan 6 Tips Mendaki ke Gunung Batur ketika Liburan ke Bali

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.