5 Fakta Menarik Di Balik Keindahan Tari Kecak Bali

Siapa sih yang tidak tahu Pulau Bali? Semua masyarakat Indonesia pasti tahu, bahkan di luar Negeri pun Pulau Bali sangat populer sebagai destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Memang Pulau Bali salah satu tempat wisata di Indonesia yang paling banyak diminati, dengan hal ini pula membuat Indonesia terkenal di kancah mancanegara.

Berkunjung ke Bali tidak afdol rasanya tidak menyaksikan kesenian tradisional yang ada seperti Tari Kecak. Anda hanya bisa menikmati dan menyaksikan Tari Kecak di Bali saja, untuk itu sempatkan menyaksikan saat berada di Bali. Namun apakah Anda tahu banyak fakta menarik dari Tari Kecak Bali? Jika belum tahu, yuk simak informasi berikut ini.

Fakta Menarik Tari Kecak Bali

Hadir Sejak 88 Tahun

Mungkin banyak yang mengetahui Tari Kecak namun apakah Anda tahu bahwa Tari Kecak sudah mendunia selama 88 tahun? Tarian yang dikenalkan oleh Wajan Limbak pada Tahun 1930 ini bukan hanya terkenal di Indonesia namun juga mancanegara. Hal ini tidak lepas dari bantuan Walter Spies yang merupakan pelukis terkenal asal Jerman.

Makna Tersendiri Setiap Gerakan

Bagi Anda yang pernah melihat Tari Kecak pasti sekilas tahu jika tarian tersebut mempunyai banyak gerakkan tangan. Namun jangan salah, gerakan tersebut tidak asal-asalan namun setiap gerakan di Tari Kecak mempunyai makna-makna tersendiri. Makna-makna tersebut hanya masyarakat Bali beragama Hindu saja, karena Tari Kecak juga salah satu upacara keagamaan.

Memiliki Nilai Seni Tinggi Dan Unik

Bukan hanya gerakkan di Tari Kecak yang membuatnya terlihat indah dan unik. Jumlah penari sebanyak 70 dan suara “cak-cak-cak-cak” menambah keindahan dan keunikan Tari Kecak tersebut. Tarian ini tidak menggunakan alat musik atau instrumen sama sekali, jadi hanya mengandalkan suara para pemainnya saja. Ditengah-tengah tarian terdapat pertunjukan Ramayana.

Religius

Pertunjukan Ramayana yang berada di dalam Tari Kecak mempunyai nilai religius yang sangat dalam. Dikisahkan Rama sedang menyelamatkan Shinta (istrinya) dari Rahwana. Dalam setiap perjuangannya menyelamatkan Shinta, Rama selalu melibatkan Tuhan Yang Maha Esa. Rama yang merupakan kesatria tidak berperilaku angkuh dan sombong namun selalu meminta pertolongan Tuhan.

Kaya Akan Moral

Pertunjukan utama kisah Rama yang ada di dalam Tari Kecak selain kaya dengan nilai religius juga kaya akan pelajaran moral yang bisa dipetik. Disini sifat selalu berusaha, sabar dan tidak pantang menyerang dari Rama dapat dijadikan pelajaran oleh para penonton. Selain Rama, banyak moral yang disampaikan oleh karakter lainnya seperti Anoman, Jathayu dan lain sebagainya.

Fungsi Tari Kecak Bali

Hiburan

Tari Kecak Bali mempunyai fungsi hiburan, terlebih lagi untuk para wisatawan yang datang ke Pulau Bali. Gerakan dan kisah yang ada di Tari Kecak sangat unik dan penuh makna, tidak heran menjadi idola para wisatawan yang datang. Hampir semua wisatawan ingin melihat atau menyaksikan Tari Kecak saat berada di Bali.

Pelestarian Kebudayaan

Tari Kecak yang memiliki kisah Ramayana di dalamnya membuatnya sebagai alat pelestarian kebudayaan. Kenapa? Tari Kecak mempunyai jam terbang yang sangat banyak dan penonton yang tidak sedikit. Hal ini membuat kisah Ramayana semakin melegenda dan tetap eksis hingga kapanpun.

Pemersatu Persaudaraan

Zaman sekarang adalah zamannya individualisme, namun hal ini tidak berlaku untuk Tari Kecak. Tarian yang harus memerlukan penari sebanyak 70 orang tentu menjadi sebuah pemersatu antara umat manusia. Para penari yang tidak kompak membuat tarian menjadi tidak bagus, untuk itu antara penari harus mempunyai ikatan persaudaraan yang erat.

Lokasi Tepat Menyaksikan Tari Kecak Di Bali

Uluwatu

Untuk Anda yang ingin melihat Tari Kecak, sangat direkomendasikan menyaksikan tarian khas Bali ini di Uluwatu. Pertunjukan seni tari ini berlangsung di Pura Uluwatu pada jam 18.00-19.00 WITA. tarian yang dipentaskan dengan background sunset yang cantik menambah keindahan Tari Kecak. Agar mendapatkan tempat duduk yang pas, datanglah 30 menit sebelum pertunjukan.

Tanah Lot

Tari Kecak di Tanah Lot juga memiliki background sunset yang cantik. Tari Kecak yang tampil di Pura Tanah Lot ini bisa Anda saksikan pada pukul 18.30 WITA. Untuk mendapatkan tempat duduk terbaik datanglah 30 menit sebelum pertunjukan dimulai.

Ubud

Satu lokasi lagi yang tepat untuk menyaksikan Tari Kecak adalah Ubud. Jika kedua tempat diatas dengan background sunset, untuk Tari Kecak Ubud akan berada di pelataran luas dan dikelilingi kolam teratai yang indah. Tarian yang tampil di Taman Saraswati ini bisa disaksikan jam 19.30 WITA hari Selasa dan Kamis.

Sebagai salah satu ciri khas Pulau Bali tentu harus dilestarikan agar tidak punah dan pudar. Untuk itu sangat wajib selalu memasukkan Tari Kecak ke dalam paket wisata atau daftar wisata yang dikunjungi. Bukan hanya menjadi hiburan, namun Anda bisa mendapatkan banyak pelajaran yang akan dipetik.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
HomeInfo5 Fakta Menarik Di Balik Keindahan Tari Kecak Bali

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.