Spektakuler! 5 Fakta Menarik Di Balik Kemegahan Garuda Wisnu Kencana Pulau Bali

Keindahan Pulau Bali tidak bisa diragukan lagi, terbukti dengan banyaknya kunjungan wisatawan di Pulau Dewata ini. Akhir-akhir ini Pulau Bali sedang banyak diperbincangkan dikarenakan pembangunan GWK/Garuda Wisnu Kencana yang tinggi. Garuda Wisnu Kencana merupakan salah satu destinasi wisata andalan Pulau Dewata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kemegahan yang dimiliki Garuda Wisnu Kencana langsung terlihat begitu Anda menatapnya. Kawasan sekitar GWK juga sangat bagus dan menambah keindahan Patung GWK itu sendiri.

Banyak fasilitas dan spot cantik di sekitar wisata Patung Garuda Wisnu Kencana. Namun apakah Anda tahu fakta menarik dari Patung GWK ini? Pasti Anda tercengang dan merasa “WOW”. Yuk nggak perlu lama-lama simak beberapa fakta menarik GWK berikut ini.

Fakta Menarik Patung Garuda Wisnu Kencana

Sejarah Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana di buat oleh Bali I Nyoman Nuarta dengan biaya dari BUMN BTDC/Bali Tourism Development Corporation. Patung yang dibangun sejak 1997 ini merupakan wujud dari Dewa di Agama Hindu yaitu Dewa Wisnu yang merupakan dewa Pemeliharaan/Sthiti. Lambang Garuda di karena kan Dewa Wisnu telah menyelamatkan sang ibu dari perbudakan.

Nama Garuda Wisnu Kencana berasal dari nama Wisnu dan Garuda yang merupakan nama tokoh dan kencana yang memiliki arti emas. Pada tahun 1998 pembangunan patung GWK sempat berhenti sejenak karena krisis moneter namun saat ini sudah berdiri dengan gagah.

Lokasi Patung Garuda Wisnu Kencana

Tempat wisata dengan luas lahan sekitar 240 hektar ini terletak di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau tepatnya berada di Jalan Raya Uluwatu Desa Ungasan Kabupaten Kuta Selatan. Pemilihan lokasi di kawasan ini karena memiliki tanah yang tandus sehingga bisa meminimalkan kerusakan di lingkungan sekitar saat proses pembangunan Patung GWK.

Untuk mencapai lokasi ini tidak sulit karena hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Bandara Ngurah Rai. Jika Anda berkunjung ke GWK usahakan pagi hari, karena siang sedikit tempat parkir akan penuh.

Objek Wisata Patung Garuda Wisnu Kencana

Pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan mega proyek pemerintah Bali. Dibuat dengan campuran baja dan tembaga seberat 3.000 ton membuat patung ini menjadi sangat tinggi setelah proyek pembangunan selesai. Bahkan ketinggian Patung Garuda Wisnu Kencana mampu mengalahkan ketinggian Patung Liberty. Tentunya akan menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia.

Bukan hanya itu saja, keindahan Patung Garuda Wisnu Kencana bisa dilihat dari jarak 20 KM dari lokasi patung GWK. Wisatawan bisa melihat kemegahan Patung GWK dari Sanur, Kuta, Nusa Dua hingga ke Tanah Lot.

Proses Pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana

Sebelum di letakkan di Desa Ungasan, pembuatan Patung Garuda Wisnu Kencana di lakukan pada kediaman I Nyoman Nuarta yakni Kota Bandung. Di desain dengan 24 segmen dan modul sebanyak 754 membuat patung ini terbuat dari kuningan dan logam tembaga. Tidak sampai situ saja, kemegahan semakin terlihat karena patung dilapisi Zat asam patina.

Patung yang semula akan dibangun setinggi 75 meter ini pada akhir pembangunan berubah menjadi 120 meter. Perubahan tinggi patung dikarenakan penambahan pondasi setinggi 45 meter dan bertujuan supaya patung terlihat lebih gagah dan mewah.

Fasilitas Patung Garuda Wisnu Kencana

Letak Patung GWK di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana membuat wisatawan bisa menikmati berbagai macam wisatawan. Ini dikarenakan di sekitar Taman Budaya terdapat banyak tempat wisata yang menarik, cantik dan wajib dikunjungi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Di sekitar Taman Budaya, wisatawan bisa berkunjung ke museum pembangunan patung.

Disini Anda bisa melihat proses pembuatan patung yang berlangsung selama 20 tahun. Selain itu wisatawan juga bisa melihat Tari Khas Bali yaitu Tari Kecak secara gratis pada jam 18:30 hingga 19:15 WITA. Lokasi Wisata GWK juga bisa digunakan untuk acara-acara besar karena mempunyai Venue yang memadai.

Setelah menunggu lama, akhirnya pembangunan Patung Garuda Wisnu Kencana selesai dan menghasilkan buah karya yang maha hebat. Bukan hanya membuat masyarakat Indonesia bahagia, kehadiran patung raksasa ini juga menyenangkan para wisatawan mancanegara saat berkunjung ke Bali. Patung GWK akan menjadi gerbang masuk wisata Pulau Bali.

Wisatawan yang datang ke Bali akan langsung disambut oleh Patung Garuda Wisnu Kencana saat berada di pesawat terbang. Saat ini Patung GWK menjadi ikon terbaru wisata Pulau Bali terlebih lagi dengan ketinggian 120 meter melebihi Patung Liberty. Kemegahan Patung GWK juga membuatnya menjadi tempat untuk beberapa acara besar.

Salah satu acara dunia yang pernah di laksanakan di Wisata Patung GWK adalah Miss World 2013. Dengan adanya acara inilah, nama Pulau Bali semakin meroket di kancah Internasional. Tidak heran jika Pulau Bali masih menjadi primadona di wisata Indonesia.

Oya, selain liburan ke GWK, jangan lupa pacu adrenalinmu di Tanjung Benoa. Cek: Harga watersport Tanjung Benoa

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares
HomeInfoSpektakuler! 5 Fakta Menarik Di Balik Kemegahan Garuda Wisnu Kencana Pulau Bali

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.