Yuk Intip Keindahan dan Pesona Pura Luhur Uluwatu di Bali

Pulau Dewata Bali memang penuh dengan tempat wisata yang mempesona. Mulai dari wisata alam terkenal berupa pantai dan gunung hingga wisata modern berupa taman hiburan tampak sangat mempesona. Bali memang punya nilai magis tersendiri sebagai daya tarik para turis lokal dan mancanegara. Dari sekian tempat wisata yang keren, pura masih dijadikan destinasi wisata turis paling terkenal setelah pantai.

Pura yang cukup terkenal di Pulau Dewata Bali adalah Pura Luhur Uluwatu.  Pura ini memiliki pesona dan keindahan tersendiri yang dapat membuat turis berdecak kagum. Tempat peribadahan umat Hindu ini memiliki panorama yang indah dan cantik. Simak beberapa fakta Pura Luhur Uluwatu berikut ini.

Fakta Pura Luhur Uluwatu yang Mempesona

Lokasi Pura

Lokasi Pura ini terletak di atas tebing dengan ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan laut dan menghadap ke arah samudera Hindia. Pura Luhur Uluwatu berlokasi di Desa Pecantu, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Berada di dekat laut ini semakin membuat pura ini terlihat mempesona dengan desiran ombak pantai yang menghantam tebing karang.

Fakta Pura Luhur Uluwatu yang terletak di ujung barat daya pulau Bali ini merupakan Pura Sad Kayangan yang mana diyakini oleh masyarakat Hindu sebagai penyangga 9 arah mata angin. Pura menjadi lokasi peribadahan sekaligus tempat yang memiliki nilai magis untuk didatangi.

Keadaan Sekitar Pura

Selain berada di atas tebing batu karang yang terjal serta selalu dihempas ombak lautan, pura ini dihuni oleh beberapa ekor monyet liar yang bebas berkeliaran di sekitar pura. Keberadaan Monyet-monyet ini dianggap sebagai pelindung Pura Luhur Uluwatu Bali. Monyet-monyet ini sering berinteraksi dengan pengunjung pura. Walaupun terlihat jinak namun Anda harus waspada dengan hewan ini.

Kegiatan di Pura

Selain sebagai tempat peribadatan umat Hindu di waktu-waktu tertentu, warga Bali sering menampilkan tari Kecak di area pura ini setiap hari pukul 7 sampai 9 malam waktu setempat.  Tari kecak adalah tari tradisional berasal dari Bali yang menceritakan kisah penyelamatan Ramayana dan Hanoman terhadap penculikan Shinta oleh Rahwana. Kisah legendaris ini senantiasa dipersembahkan dengan epik.

Pementasan luar biasa ini melibatkan beragam karakter yaitu Rahwana, Shinta, Rama, Hanoman, Laki-laki Suci, Rusa Emas, Twalen, Trijata, Laksamana, Garuda, dan Pembantu. Pertunjukan ini ditonton oleh ratusan turis lokal dan mancanegara dengan cara mengelilingi para seniman. Banyak turis yang antusias dan terkesima setelah menyaksikan pertunjukan Rama dan Shinta ini.

Matahari Tenggelam yang Cantik di Pura    

Lokasi pura yang berada di atas tebing ini membuat pemandangan matahari tenggelam semakin indah nan cantik. Pesona matahari tenggelam ini sering diabadikan oleh para turis agar selalu mengenang keindahan Pura Luhur Uluwatu Bali. Semburat warna jingga langit Uluwatu dan warna keemasan sinar matahari yang bertabrakan dengan lautan ini selalu membuat para turis terkagum-kagum.

Waktu Berkunjung ke Pura

Anda disarankan untuk berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu di sore hari. Waktu sore hari adalah pilihan waktu yang tepat karena Anda tidak akan terlalu terpapar sinar matahari langsung. Anda juga tidak akan terlalu menunggu lama pertunjukan tarian kecak dan drama Rama Shinta. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan sunset di area Pura Luhur Uluwatu yang cantik dan mempesona.

Pakaian Khusus ke Pura

Terdapat peraturan khusus bagi turis yang ingin berkunjung ke pura ini. Anda harus memakai sarung apabila Anda sebelumnya memakai celana atau rok diatas lutut. Anda juga harus memakai selendang bila sebelumnya memakai celana atau rok dibawah lutut. Hal ini dilakukan untuk memberi penghormatan kepada Pura Luhur Uluwatu. Sebagai pengunjung yang baik Anda harus menjaga kesucian pura ini.

Transportasi ke Pura

Tampaknya Bali telah menerapkan banyak kemudahan bagi para pengunjung karena Anda tidak akan kesulitan menemukan lokasi Pura Luhur Uluwatu ini. Anda hanya perlu menempuh sekitar 1 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai dan memakai jasa sewa motor, mobil, dan taksi untuk mengantarkan Anda ke Desa Pecantun, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung lokasi Pura Luhur Uluwatu berada.

Akomodasi di sekitar Pura

Anda juga dapat menemukan banyak penginapan berupa hotel dan villa di sekitar Pura Luhur Uluwatu ini. Anda dapat memilih penginapan sesuai selera dan isi kantong Anda. Berbagai penginapan juga telah menyiapkan makanan khas Bali dan makanan bercita rasa internasional yang tentunya semakin memanjakan para pengunjung Pulau Dewata Bali. 

Bali memiliki cerita dan pesona nya tersendiri yang unik dan membuat mata terkagum-kagum. Bali mampu menjadi tempat yang pas untuk mencampur unsur tradisional dan modern. Setiap tempat wisata di Bali memiliki keunikan dan misteri nya yang dapat membuat pengunjung bertanya-tanya. Bali memiliki banyak sekali destinasi tempat wisata yang menggiurkan untuk didatangi.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]
0 Shares
HomeInfoYuk Intip Keindahan dan Pesona Pura Luhur Uluwatu di Bali

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.