Bosan Dengan Makanan? Cobalah 7 Oleh-oleh Hasil Kerajinan Bali yang Unik

Bepergian ke suatu tempat yang jarang kita datangi biasanya kita akan menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh. Selain untuk diri sendiri biasanya oleh-oleh juga akan dibagikan kepada keluarga, kerabat, teman dan sahabat. Memang kebanyakan orang akan membeli oleh-oleh berupa makanan khas setempat tetapi masalahnya adalah biasanya tidak bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Memberikan oleh-oleh makanan bisa juga membuat orang bosan karena itu lagi itu lagi. Nah, mengapa tidak mencoba membeli oleh-oleh yang berupa barang-barang hasil kerajinan dari daerah tersebut. Termasuk saat Anda sedang berkunjung ke Bali maka oleh-oleh hasil kerajinan dari sana bisa menjadi alternatif.

Apalagi kerajinan Bali dikenal memiliki nilai seni yang tinggi dan banyak digemari. Hasil kerajinan dari Bali juga telah mendunia bukan hanya untuk kelas lokal dalam negeri saja. Kalau Anda mulai tertarik untuk membeli dan memberikan oleh-oleh dari Bali berupa hasil kerajinan dan seni maka Anda bisa membaca rekomendasinya dibawah ini.

Jenis Oleh-oleh Hasil Kerajinan dari Bali yang Bagus

Karya Lukisan

Bali adalah salah satu daerah yang terkenal dengan seniman-seniman lukisnya. Bukan hanya pelukis yang memang berasal dari Bali dan daerah lain di Indonesia tetapi banyak yang merupakan orang asing menetap menjadi pelukis disana.

Karya lukisan menjadi salah satu hasil kerajinan Bali yang terkenal hingga ke luar negeri. Bahkan banyak karya seniman Bali yang telah ikut dalam kompetisi lukisan kelas dunia.

Bukan itu saja, di Bali juga berdiri museum lukis yang di dalamnya tersimpan karya lukisan dari seorang pelukis berdarah Spanyol yang memutuskan untuk tinggal disana.

Namanya adalah Museum Blanco Renaissance yang diambil dari nama sang pelukis yaitu Antonio Balnco. Sampai sekarang Anda bisa menemukan karya lukisan dengan nilai keindahan tinggi yang sangat mudah didapatkan terutama di daerah Sanur dan Ubud, Bali.

Kerajinan Pahat Kayu dan Batu

Selain lukisan karya kerajinan dan seni yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh dari Bali adalah pahatan dari kayu atau batu. Awalnya memang hasil karya seni berupa pahatan hanya digunakan untuk keperluan peribadatan agama Hindu yang merupakan agama mayoritas di Pulau Bali.

Namun seiring dengan semakin dikenalnya Bali dan semakin banyak turis yang datang kesana maka seni pahat sudah banyak mengalami perubahan. Kini kita bisa menemukan banyak hasil kerajinan pahat dengan tema yang beragam bahkan ada yang berupa karakter tokoh-tokoh animasi.

Desa Batubulan merupakan salah satu sentra kerajinan pahat yang bisa Anda kunjungi kalau pergi ke Bali. Para perajin disana juga menerima pesanan dan akan membuat karya pahatan sesuai dengan bentuk yang dipesan oleh konsumen atau pembeli. Karena kayu dirasa kurang tahan terhadap cuaca maka sekarang para seniman banyak membuat kerajinan pahat dari batu.

Kain Tradisional Bali

Pulau Bali bukan hanya terkenal karena memiliki panorama alam terutama pantai yang mengagumkan saja. Bali juga dikenal memiliki tradisi yang kental dan masih terjaga hingga sekarang. Salah satu bentuk karya yang erat dengan tradisi adalah kerajinan kain tradisional Bali. Bisa dibilang juga bahwa kain tradisional Bali ini merupakan kerajinan Bali yang mendunia.

Kain tradisional yang berupa hasil kerajinan tenun dan songket merupakan andalan Bali untuk membuat wisatawan jatuh cinta. Motifnya yang khas akan membuat orang langsung mengenali bahwa kain tersebut dari Bali tanpa harus bertanya lagi. Bahkan di Bali kain tradisional tersebut bukan hanya dipakai saat ada acara-acara keagamaan saja tetapi banyak digunakan sebagai seragam sekolah dan juga kantor.

Kerajinan Perak

Bagi Anda para wanita muda maka bisa memilih kerajinan perak sebagai olah-oleh dari Bali. Selain lukisan dan karya seni bernilai tinggi yang lainnya, Pulau Bali memang dikenal dengan kerajinan dari perak.

Anda bisa menemukan banyak pedagang yang menjajakan dan menawarkan aneka macam aksesoris dari perak di tempat-tempat wisata atau di sekitar Pasar Sukawati. Gaya dari kerajinan perak di Bali berbeda dengan perak yang dihasilkan di Kotagede, Yogyakarta.

Kerajinan dari Manik-manik

Ingin membeli aksesoris dari Bali tetapi tidak menyukai atau iritasi dengan bahan logam perak maka bisa memilih yang dibuat dari manik-manik. Kerajinan manik-manik ini selain berupa aksesoris juga bisa ditemukan dalam bentuk dompet atau tas.

Kerajinan dari bahan manik-manik yang cantik tersebut akan sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para sahabat wanita Anda. Mereka pasti akan sangat senang menerimanya dan memakainya karena aneka aksesoris manik-manik Bali tersebut memang sangat manis untuk digunakan.

Kain Batik Khas Bali

Ternyata bukan hanya Jawa saja yang dikenal dengan karya seni batik yang bagus, Bali juga memilikinya. Meskipun mungkin Anda berasal dari daerah sentra batik seperti Solo, Yogya atau Pekalongan tetapi tidak ada salahnya jika Anda membeli oleh-oleh berupa kain batik khas Bali. Ini akan menambah koleksi batik milik Anda dan sebagai bukti keragaman nusantara.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
HomeInfoBosan Dengan Makanan? Cobalah 7 Oleh-oleh Hasil Kerajinan Bali yang Unik

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.