Bukan Hanya Alam, Inilah 7 Destinasi Wisata Kerajinan di Bali yang Tak Kalah Menarik

Pulau Dewata Bali ternyata bukan hanya memiliki pemandangan alam yang memanjakan mata saja. Bali juga menyimpan kekayaan tradisi yang lainnya berupa wisata kerajinan tangan. Agak berbeda dengan apa yang akan kita dapatkan jika mengunjungi tempat-tempat wisata alam maka dengan pergi ke desa penghasil handicraft khas Bali kita akan dibuat kagum dengan hasil karyanya.

Bahkan hasil kerajinan dari daerah-daerah di Bali tersebut sudah banyak dibawa ke luar negeri. Desa-desa tempat wisata kerajinan di Bali nyatanya cukup menyedot perhatian para wisatawan terutama yang berasal dari mancanegara. Mereka ingin melihat dari dekat bagaimana karya kerajinan tangan dibuat. Anda juga bisa melihat bagaimana karya-karya indah dari Bali tersebut dibuat dan bagaimana prosesnya.

Untuk bisa mewujudkannya cukup dengan mendatangi desa wisata kerajinan Bali yang memang dibuka dan disediakan untuk turis baik lokal maupun internasional tersebut. Dimana saja daerah di Bali yang merupakan destinasi wisata kerajinan tangan tersebut? Silahkan lihat daftarnya dibawah ini.

Tempat Destinasi Wisata Kerajinan di Bali yang Terkenal

Desa Celuk – Kerajinan Perak

Jika di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terkenal dengan kerajinan perak yang berpusat di Kotagede maka Bali juga tidak ketinggalan. Bali memang cukup terkenal dengan hasil karya kerajinan peraknya sebagaimana Kotagede, Yogyakarta.

Kalau Anda ingin melihat bagaimana proses pembuatan kerajinan tangan dan hasil seni dari perak maka bisa datang ke Desa Celuk. Di desa wisata kerajinan perak dan juga emas ini Anda bisa menemukan banyak sekali seniman lokal yang berkarya untuk membuat kerajinan dengan nilai keindahan yang tinggi.

Desa Belega – Kerajinan Bambu

Anda penyuka barang-barang karya seni dari material bambu maka bisa langsung datang ke Desa Belega. Disitulah terdapat sentra kerajinan dan seni yang terbuat dari bambu yang mayoritas akan disulap menjadi hiasan-hiasan rumah yang bernilai estetika tinggi.

Desa Belega telah 70 tahun menjadi pusat dari karya seni dari bahan bambu yang berkualitas tinggi. Karya seni dan handicraft dari bambu yang dibuat di desa tersebut dikenal memiliki keawetan yang bagus karena sifatnya yang anti rayap.

Desa Bona – Kerajinan Daun Lontar

Dalam sejarah kunoa daun lontar dikenal sebagai sarana untuk menulis mirip dengan kertas pada jaman sekarang. Nah, ternyata ada sebuah desa wisata kerajinan di Bali yang khusus membuat karya seni dari bahan daun lontar. Beberapa jenis barang yang dihasilkan dari desa tersebut antara lain topi, tas, sandal bahkan karya tenun yang cantik. Mengagumkan bukan.

Tidak itu saja karena jika datang kesana Anda bisa mengorder barang kerajinan dari daun lontar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. hasil kerajinan daun lontar ini juga sering digunakan sebagai souvenir dalam acara pernikahan. Sedangkan untuk kain tenun berbahan daun lontar Anda bisa menemukannya dalam banyak pilihan motif dan langsung melihat bagaimana proses pembuatannya.

Desa Sebatu – Kerajinan Kayu

Bisa dibilang dari sekian banyak desa tempat wisata kerajinan di Bali maka Desa Sebatu ini adalah yang paling dikenal di kalangan pengusaha. Ya, di sinilah tempat dimana karya seni dari kayu bisa ditemukan dengan mudah.

Banyak pengusaha yang sengaja mengambil hasil karya kesenian kayu dari Desa Sebatu untuk dijual kembali di luar daerah Bali. Selain itu tempat ini juga cukup mudah untuk ditemukan terutama jika Anda berada di dalam perjalanan dari Denpasar ke Kintamani atau sebaliknya.

Desa Gelgel – Kerajinan Tenun dan Songket

Tempat wisata kerajinan di Bali yang menghasilkan kain tenun cantik ternyata bukan hanya Desa Bona saja. Anda juga bisa menemukan pengrajin tenun dan juga songket di Desa Gelgel.

Bedanya dengan kerajinan tenun yang berasal dari Desa Bona adalah bahan pembuatnya. Jika di Desa Bona kain tenun dibuat dengan bahan daun lontar maka di Desa Gelgel tenun dan songket dibuat dari benang sebagaimana umumnya.

Anda akan bisa menemui kain-kain tenun dan songket tradisional Bali yang memiliki motif-motif indah. Harganya juga tidak mahal masih sangat terjangkau untuk kantong orang Indonesia.

Datanglah ke Desa Gelgel ini antara jam 10.00-18.00 waktu setempat karena itulah waktu para pengrajin membuat kain tenun dan songket. Hasil karya seni dari desa ini sangat terkenal bahkan banyak pejabat negara yang memakai kain tenun dan songket asal Desa Gelgel tersebut.

Desa Batubulan – Kerajinan Dari Batu

Desa wisata kerajinan di Bali yang satu ini memang sedikit unik karena menghasilkan barang-barang karya seni yang terbuat dari batu. Wujud dari kerajinan tangan dari batu tersebut ada dalam berbagai macam ukuran mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Kebanyakan berupa karya patung yang bisa dijadikan hiasan di atas meja di dalam rumah Anda untuk yang memiliki ukuran kecil. Sedangkan yang besar biasanya akan dipasang di tempat terbuka.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]
0 Shares
HomeInfoBukan Hanya Alam, Inilah 7 Destinasi Wisata Kerajinan di Bali yang Tak Kalah Menarik

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.