Hiii Geli! Ini Daftar Teratas Makanan dan Minuman Aneh dari Bali yang Bikin Pikir Panjang Sebelum Mencicipinya

Bali, dengan segudang pesonanya selalu sukses menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung dan kembali lagi. Di samping destinasi wisatanya yang tak pernah ada habisnya, Bali juga merupakan tempat makanan dan minuman aneh yang bagi orang lain terdengar tidak biasa. Tak sedikit orang yang untuk mencicipinya membutuhkan keberanian ekstra.

Dari sekian banyak makanan dan minuman aneh, beberapa biasanya disajikan sebagai lauk pauk yang menemani hidangan pokok, sedangkan yang lainnya bisa digolongkan sebagai menu yang cukup langka dan sedikit sulit untuk dijumpai di pusat kota. Jadi jika Anda sengaja mengunjungi destinasi yang jauh dari keramaian kota, tidak ada salahnya mencicipi makanan dan minuman tak biasa ini.

Hidangan Aneh yang Bisa Ditemui di Bali

Lawar

Menu satu ini merupakan campuran salad tradisional yang biasa disajikan bersama jenis hidangan nasi di Pulau Dewata, seperti nasi babi guling atau nasi campur. Ada dua jenis lawar yang dibedakan sesuai dengan bahan-bahan pembuatannya. Lawar putih yang dibuat dari kelapa parut, irisan nangka muda, kacang buncis, dan aneka rempah.

Lalu ada lawar merah yang dibuat dari daging merah, irisan daging mentah, dan darah babi. Anda memiliki keberanian untuk mencicipi lawar yang terbuat dari daging merah mentah? Untuk mendapatkannya, Anda cukup mendatangi warung atau restoran lokal yang menyajikan babi guling.

Keluak

Bagi orang Indonesia, keluak bukan makanan aneh lagi. Buah satu ini sangat sering digunakan untuk mengolah beberapa hidangan Asia Tenggara. Buah keluak mentah dan matang dan bijinya mengandung hydrogen sianida yang sangat beracun jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Namun ketika buah unik ini diolah dengan cara direbus atau dipanggang dalam abu panas, bahan kimia berbahaya tersebut akan dinetralisir. Keluak sendiri mengeluarkan rasa dan juga aroma yang luar biasa untuk olahan daging merah.

Capung Goreng

Bagi sebagian orang, capung adalah makhluk cantik dari dunia serangga. Akan tetapi tak sedikit yang lebih memilih melarikan diri ketika melihat binatang satu ini. Namun hal itu tidak akan Anda temukan di Bali. Di Pulau Dewata anak-anak secara khusus memburu capung-capung dewasa untuk diolah menjadi camilan yang lezat setelah digoreng.

Ulat Sagu

Makanan aneh yang terlihat cukup menjijikkan ini tak hanya bisa dijumpai di Bali saja. Ulat sagu memang dianggap sebagai makanan dari alam yang sangat kaya akan nutrisi. Makhluk montok yang tinggal di batang pohon sagu ini menawarkan rasa pulpy yang bisa disantap mentah.

Di Bali sendiri, penduduk lokal memanggang ulat sagu atau menambahkan mereka sebagai salah satu bahan dalam rebusan. Tak sedikit hotel di Bali yang menyajikan rebusan ulat sagu sebagai menu andalan mereka.

Kelelawar

Jika Anda panik hanya dengan membayangkan kelelawar hinggap di rambut Anda, coba bayangkan kelelawar yang sama mendarat di piring makan Anda. Bagi masyarakat Bali, cara paling umum mengkonsumsi kelelawar adalah memanggang atau menggorengnya lalu kemudian memakannya secara utuh.

Olahan kelelawar selanjutnya yang tak kalah digemari adalah dengan terlebih dahulu memotong kepala dan sayap, kemudian menguliti, baru memotongnya menjadi potongan-potongan yang lebih kecil untuk ditambahkan ke dalam sup atau rebusan.

Kakul Siput Air Tawar

Siput sawah ini merupakan gudangnya protein yang sangat digemari para komunitas agraris di Bali. Jenis yang paling disukai adalah siput yang lebih gelap karena memiliki tekstur yang lebih lezat dan lebih menyenangkan ketimbang jenis siput yang kuning.

Pertama-tama, siput-siput air tawar ini dikumpulkan dari lumpur, lalu kemudian dikeluarkan dari cangkangnya dan dicuci hingga bersih. Selanjutnya direbus sebelum selanjutnya diolah menjadi sup, salad, atau dipanggang menjadi sate dengan campuran bumbu khas Bali.

Lindung Belut Air Tawar

Sumber protein lain yang sangat mudah ditemukan dan cukup populer di kalangan masyarakat pedesaan Bali adalah lindung alias belut air tawar. Menangkapi belit dengan senjata tali dan kail merupakan hobi favorit anak-anak pedesaan di Bali. Mereka akan pulang dengan tangkapan belut segar untuk diolah oleh ibu-ibu mereka.

Lindung biasanya dimasak bersama dengan bumbu sederhana, yakni campuran bawang putih dan lengkuas yang aromatik. Belut air tawar juga biasanya dikeringkan sebelum diolah dengan cara digoreng hingga mendapatkan tekstur renyah. Belut goreng garing adalah camilan yang sangat disukai di Bali.

Minuman Ekstrem yang Bisa Ditemui di Bali

Loloh Minuman Herbal Bali

Orang Bali membuat minuman herbal dari berbagai jenis daun dan buah-buahan. Sama seperti jamu dari Jawa. Dan loloh adalah minuman tradisional yang kaya manfaat bagi kesehatan yang bisa Anda temui dengan mudah di Bali.

Loloh terbuat dari buah morinda, bunga kembang sepatu, don kayu manis atau daun pohon star gooseberry. Ditambah dengan bumbu da rempah-rempah lain, seperti garam, bawang merah panggang, jahe, dan kunyit secukupnya, loloh siap dinikmati.

Darah Ular Kobra

Setelah Anda memberanikan diri mencicipi semua menu di atas, mungkin Anda ingin mencari minuman yang juga ekstrem. Tidak ada yang bisa mengalahkan segelas darah ular kobra. Minuman ini biasanya dicari kaum pria karena dianggap sebagai minuman yang sanggup meningkatkan libido.

Itulah daftar makanan dan minuman ekstrem yang wajib Anda cicipi jika pergi mengunjungi Bali.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.