Nggak Melulu Pantai, Ini 5 Pilihan Goa Bawah Tanah Paling Menakjubkan di Bali

Bali menawarkan pemandangan unik yang tak akan Anda dapatkan di tempat lain. Dan jika Anda mengaku sudah melihat semuanya, Anda akan tetap dibuat terkejut dengan apa yang mungkin masih bisa Anda temukan. Destinasi-destinasi tersembunyi itu saat ini hanya menunggu Anda untuk menemukannya.

Bagi Anda, jiwa-jiwa petualang, berikut ini beberapa tempat yang paling tak biasa untuk dikunjungi wisatawan saat datang berlibur ke Bali. Beberapa tempat cukup aneh, lainnya menakutkan dan misterius. Dan semuanya tersebar di seluruh Pulau Dewata. Mulai dari dataran tinggi tengah yang terpencil, hingga Pulau Lembongan di lepas pantai.

Rekomendasi Goa di Bali yang Wajib Anda Kunjungi

Pura ‘Gua Kelelawar’ Goa Lawah

Merupakan salah satu pura paling penting di Bali, Goa Lawah menjadi pilihan destinasi yang sudah banyak dikenal. Namun dengan pemandangan aneh dari kompleks kuil Hindu Bali yang dibangun di sekitar celah goa terlihat cukup menakutkan lantaran dihuni oleh gerombolan kelelawar. Semua itu cukup bisa membuat bulu kuduk Anda berdiri, bahkan jika Anda mengunjunginya di siang hari bolong.

Kuil Goa Giri Putri

Pura satu ini adalah salah satu pilihan atraksi budaya utama di Pulau Nusa Penida. Kuil goa besar ini terletak di Desa Suana, di bagian utara-timur Penida. Tak perlu bingung, karena petunjuk lokasi bisa Anda jumpai di sepanjang jalan utama Jalan Ped-Buyuk.

Untuk pintu masuknya sendiri merupakan bukaan sempit yang unik di permukaan batu. Anda harus sedikit membungkukkan badan untuk bisa melaluinya. Di dalam, Anda akan menemukan halaman kuil yang luas. Lantai-lantai di depan tempat suci utama di sudut goa sebagian besar ditutupi marmer putih.

Goa Gong

Destinasi goa selanjutnya adalah Goa Gong yang merupakan gua unik dan tersembunyi di belakang perkembangan modern di daerah resor Jimbaran. Untuk mencapai lokasi, Anda perlu menaiki bukit dari Universitas Udayana di Jimbaran.

Jalan Goa Gong akan menuntun Anda melalui barisan Batu Ngongkong dan setelah belokan kiri yang tajam, Anda akan dihadapkan dengan sepasang patung kucing besar yang berhiaskan kain merah dengan motif kotak-kotak.

Di dalam gua, ada sebuah rongga remang-remang besar yang akan menunjukkan tempat-tempat suci dari batu yang khusus. Suara tetesan air dari stalaktit gua berbatu menciptakan suasana menenangkan di dalamnya. Sebuah stalaktit besar tergantung di bagian belakang kuil dan inilah fungsi sebenarnya dari batu gong yang dipukul selama ritual, khususnya saat peringatan hari suci.

Goa Peteng

Tujuan wisata selain pantai selanjutnya adalah Goa Peteng yang merupakan pilihan sempurna jika Anda mendambakan penjelajahan gua yang menantang. Menuruni ke jantung kegelapan di gua satu ini, Anda akan disambut lubang batu kapur alami yang mengesankan.

Gua ini terletak di sebuah ladang pertanian milik penduduk setempat. Ada sebuah pohon beringin besar dengan kuil yang berjaga di depan pintu masuk gua. Tanaman merambat menjalari celah-celah mencapai bagian luar ruangan sempit di dalam gua. Udara padat dengan kicauan kelelawar memenuhi ruangan gelap yang menakjubkan.

Stalaktit dan stalagmit bersinar terang. Jika Anda bisa tahan dengan bau guano dan bisa bertahan hingga 150 meter atau perjalanan 15 menit di dalam gua, Anda akan menemui kolam air tawar di bagian dasar gua.

Ada kisah menarik dari gua satu ini. Dikatakan, bahwa setiap bulan purnama datang, sebuah bagian sempit akan terbuka dan permukaan air di danau tersebut menyusut kemudian mengungkap jalan lintas yang mengarah ke ruang tersembunyi.

Destinasi Populer di Nusa Lembongan

Goa Gala-Gala dan Rumah Bawah Tanah

Rumah bawah tanah bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata ketika Anda liburan ke Pulau Nusa Lembongan. Lebih dikenal sebagai Goa Gala-Gala, rumah yang berada di bawah tanah kapur ini merupakan labirin dengan kamar-kamar yang saling terhubung.

Sejarah Goa Gala-Gala

Sang pemilik rumah, Made Byasa mengaku terinspirasi dari sebuah episode epik Mahabharata di mana para pahlawan Pandawa melarikan diri dari penganiayaan dan bersembunyi di dalam gua. Pembangunan rumah bawah tanah ini dimulai tahun 1961 dan baru rampung pada tahun 1976.

Keunikan Goa Gala-Gala

Anda akan dibuat takjub setelah turun sejauh 7 meter di bawah tanah, di mana sang empunya rumah berhasil membangun dapur, tempat tidur, dan ruang tamu jauh di bawah tanah.

Sebelum Anda memasuki rumah bawah tanah ini, aka nada foto-foto pembuat rumah, 2 bangunan tradisional, sumur, kuil kecil, dan pohon suci Bayan. Rumah bawah tanah ini terdiri dari 3 pintu masuk dengan lorong yang akan membawa Anda hingga 7 meter di kedalaman tanah.

Untuk memasuki rumah, Anda harus menuruni tangga sejauh 2 meter. Memiliki tinggi 1 hingga 2 meter saja, beberapa dari pengunjung mungkin harus membungkuk ketika memasuki rumah bawah tanah dan menjelajahi ruangan demi ruangan.

Nah, setelah mengetahui bahwa Bali tak melulu tentang pantai, Anda tentunya semakin tak sabar menanti liburan berikutnya untuk berpetualang memuaskan jiwa yang haus akan tantangan, bukan?

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.