Dijamin Tidak Menyesal, Inilah 7 Lokasi Diving Terbaik di Bali

Keindahan panorama alam pulau Bali memang sudah begitu populer dan mendunia. Berbagai media telah menyebutkan jika Bali merupakan salah satu pulau tercantik di bumi ini. Tak heran kalau ada banyak sekali turis luar negeri yang tertarik ke Bali hanya untuk menikmati pantai, gunung hingga budaya yang ada di pulau Dewata ini.

Namun sebetulnya kecantikan Bali bukanlah apa yang terlihat di permukaannya saja. Bagian bawah laut Bali juga memiliki pesona luar biasa yang bisa membuat siapapun terpesona. Hal inilah yang akhirnya menjadikan Bali sebagai salah satu destinasi diving alias menyelam terbaik yang pernah ada. Supaya tidak penasaran, berikut ini adalah tempat-tempat menyelam terbaik di Bali.

Inilah 7 Lokasi Menyelam Terbaik di Bali Yang Layak Dikunjungi

Pulau Menjangan

Inilah lokasi menyelam terkenal di Bali yang rasanya menjadi tujuan wajib para penyelam. Terletak di desa Sumber Klamppok Gerokgak di Singaraja, pulau Menjangan mempunyai pemandangan laut luar biasa. Disebut sebagai surga bawah laut, Menjangan memiliki daya tarik berupa wall diving yang merupakan tebing bawah laut.

Dengan kedalaman 20 hingga 60 meter, Anda bisa menemukan berbagai formasi bentuk terumbu karang yang luar biasa cantik. Ribuan jenis ikan pun tampak hidup damai di Menjangan yang semakin menambah daya tariknya. Beberapa spot diving terkenal di Menjangan adalah Anchor Wreck, Eel Gardens dan Secret Bay yang memiliki jarak pandang luar biasa jernih.

Tulamben

Tak berlebihan jika disebut Tulamben sebagai destinasi diving favorit para penyelam di dunia. Semua itu tak lepas dari kekayaan biota laut Tulamben yang sulit tertandingi mulai pemandangan kapal karam, gugusan terumbu karang dan tentunya ribuan spesies hewan lautan. Bicara soal pemandangan kapal karam, Tulamben memang mendunia dengan bangkai kapal perang Amerika.

Konon kabarnya bangkai kapal yang merupakan reruntuhan USS Liberty itu sudah tenggelam pada saat Perang Dunia II, beberapa dekade silam. Kini bangkai kapal perang itu jadi lokasi favorit penggemar fotografi mikro dan wide angle.

Amed

Berada di kawasan timur Bali, Amed menawarkan keindahan bawah laut dalam berbagai spot diving yang mempesona. Daya tarik utamanya adalah jajaran terumbu karang indah dan aneka spesies ikan yang sangat kaya. Bagi Anda para penyelam pemula, teluk Jemeluk akan menjadi tempat belajar terbaik.

Tak jauh dari teluk Jemeluk, ada pantai Vienna yang dianggap begitu tenang sehingga Anda bisa puas menikmati alam yang sepi. Dan terakhir, spot wajib para penyelam adalah Lipah Bay yang memiliki bangkai kapal Jepang karam. Kecantikan biota laut dengan koral dan terumbu karang alami yang tumbuh di bangkai kapal Japanese Ship Wreck menimbulkan kesan eksotis bawah laut.

Pantai Labuhan Amuk

Ingin bisa menyelam tanpa harus berdesakan atau beramai-ramai dengan turis? Maka pantai Labuhan Amuk ini menjadi lokasi yang sangat tepat. Terletak di desa Antiga, kecamatan Manggir, kabupaten Karangasem, Labuhan Amuk memang cukup jauh dari Kuta. Setidaknya butuh perjalanan sekitar 55 kilometer untuk bisa mencapai Labuhan Amuk.

Nusa Penida

Jangan pernah tinggalkan pulau Bali tanpa berkunjung ke Nusa Penida. Karena pulau kecil ini memiliki keindahan alam di permukaan dan bawah laut yang sama-sama mempesona. Para penggila diving menjadikan Nusa Penida sebagai surga bawah laut karena memiliki banyak sekali spot kece untuk snorkeling dan tentunya diving. Dua spot paling favorit adalah Manta Point dan Crystal Bay.

Di Manta Point, Anda akan mendapatkan sensasi menyelam di kedalaman laut bersama manta-manta jinak yang bagian ekor beracunnya sudah dihilangkan. Dengan kedalaman 10-25 km, hanya penyelam profesional yang boleh berada di Manta Point. Sementara Crystal Bay lebih kaya biota lautnya dengan ikan mola-mola, ikan badut dan tentunya terumbu karang super cantik.

Candi Dasa

Jika Anda berkunjung ke Bali bagian timur, maka akan menemukan kota Candi Dasa yang kini jadi tujuan para penyelam. Ada beberapa pesona bawah air Candi Dasa yang rasanya sayang dilewatkan seperti salah satunya adalah pulau mungil bernama Gili Tepekong. Ada berbagai jenis karang lunak dan kipas laut aneka warna hingga ikan kelelawar di Gili Tepekong.

Bahkan jika ingin menyelam bersama hiu karang, Candi Dasa menawarkan Gili Mimpang. Selain kedua lokasi itu, Gili Biaha juga wajib disinggahi penyelam karena memiliki ribuan ikan ekor kuning yang siap menyambut di kedalaman air.

Pemuteran

Berada sekitar 30 kilometer dari pelabuhan Gilimanuk atau tepatnya 55 km arah barat kota Singaraja, Anda bisa menemukan Pemuteran. Sejauh ini Pemuteran dikenal di kalangan turis sebagai tempat penangkaran terumbu karang yang berisi arca-arca bawah laut. Sensasi menyelam di Pemuteran begitu kental dengan nuansa misterius yang tentunya semakin menarik.

Nah, ketujuh lokasi menyelam di Bali yang telah dibahas benar-benar mempesona kan? Untuk itulah bagi Anda penggemar olahraga diving, segera rencanakan liburan ke Bali sekarang juga!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
0 Shares
HomeInfoDijamin Tidak Menyesal, Inilah 7 Lokasi Diving Terbaik di Bali

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.